Our social:

Friday, February 24, 2017

Air Terjun “Jurug Bening” Destinasi Wisata Air Terjun Dinding Batu Terbaik hanya ada di Wates Kabupaten Blitar



Mendengar Air Terjun “Jurug Bening” bagi warga masyarakat sekitar Blitar mungkin masih terasa asing. Jangankan menaruh minat untuk datang, lokasinya di mana saja masih belum tahu.
Di Kawasan Blitar Selatan ujung sebelah Timur, wilayah Kecamatan Wates mempunyai potensi wisata alami wisata alam yang tidak kalah mempesona dibandingkan  daerah-daerah lain di wilayah Blitar, bahkan di jawa Timur. Meski memiliki potensi besar untuk memikat wisatawan, Air Terjun “Jurug Bening” masih belum dikelola secara maksimal. Sehingga masih banyak warga yang tidak mengetahui keberadaan ‘surga yang tersembunyi ini’.

Perjuangan menuju Air Terjun “Jurug Bening”

Air Terjun “Jurug Bening” terletak di Dusun Sumberurip, Desa Purworejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar Jawa Timur. Berjarak kurang lebih 40km dari Pusat pemerintahan Kabupaten Blitar di Kanigoro. Trek jalur yang dapat diambil untuk sampai ke lokasi air terjun ini melewati pertigaan Brongkos (Pertigaan Jalur Malang-Blitar) ke arah selatan, melewati wilayah Kecamatan Binangun. Setelah melewati wilayah Binangun, masuk Desa Sumberaarum yang merupakan Desa yang menjadi pembatas wilayah Kecamatan Binangun dan Wates. Setelah itu di pertigaan ambil arah ke kanan menuju Pasar Bantengan (Desa Tulungrejo Kec. Wates). Dari Pasar Bantengan, ambil arah ke Kanan, langsung lurus melewati Jalan Rabat Beton dan mengikuti trek jalan yang ada. Kurang lebih 2 km dari jalan rabat beton sudah sampai ke lokasi Parkir. 
Dengan perjalanan dan medan yang cukup ekstrem, dan curam barulah sampai pada lokasi Air Terjun “Jurug Bening”. Sebenarnya ada lagi pintu masuk yang lebih “bersahabat” tapi harus memutar denganjarak yang lebih jauh. Untuk smentra trek jalan yang dilalui sangat tidak direkomendasikan untuk anak-anak dan ibu-ibu yang kurang “vit” mengingat trek yang dilalui dengan sudut kemiringan lebih dari 45 derajat. Meskipun demikian, semua letih dan lelah seolah terbayarkan tatkala sudah tiba di lokasi Air Terjun “Jurug Bening”. Subhanalloh….. Begitu luar biasa, hasil karya-Nya yang terukir di lokasi ini.

Pesona Air Terjun “Jurug Bening”

Kesan pertama yang kita dapat tatkala pertama kali melihat Air Terjun “Jurug Bening” adalah keindahan batu-batuan hitam mengkilap yang tertanam rapi dan terstruktur yang menjadi dinding dari air terjun ini. Banyak rekan dan teman yang setuju bahwa, Air Terjun “Jurug Bening” ini (mungkin) merupakan air terjun berdinding bantu yang terbaik yang ada di Indonesia. Belum pernah dijumpai di lokasi lain ada air terjun dinding batu yang seindah di lokasi ini. 
Kealamian Air Terjun “Jurug Bening” juga sangat terjaga, gara-gara tempat ini masih jarang banget dikunjungi wisatawan. Kita pasti akan dibuat kaget, karena kok bisa air terjun seindah ini dibiarkan begitu saja tanpa pengelolaan yang mumpuni. Padahal jika serius, manfaat dari keberadaan Air Terjun Air Terjun “Jurug Bening” sangat bisa dirasakan oleh warga Desa Purworejo dan sekitarnya.
Air Terjun “Jurug Bening”  ini memiliki beberapa tingkat dengan ketinggian dan jarak yang berbeda. Sehingga kita  bisa duduk santai di atas bebatuan besar sambil menikmati segarnya suasana.
Air terjun ini mempunyai ketinggian kurang lebih 25 meter yang diukur dari dasar sungai. Terbanyang begitu elok dan gagahnya air terjun ini. Tampak dari kejauhan Air Terjun “Jurug Bening” terlihat seperti benteng yang sangat kokoh

Di  ujung air terjun, terdapat  kolam air yang sangat jernih. Kejernihan kolam terlihat dari warna air yang berwarna hijau ke biru-biruan. Suasana keseharan juga terasa tatkala berdiri di batuan samping kolam, hembusan air yang jatuh dari atas terasa sejuk sekaligus menyegarkan kejenuhan jiwa dan raga yang berada di lokasi ini. Sungguh suatu bentuk kekuasaan Allah SWT yang dilukiskan dalam bentuk “pahatan” bebatuan yang tersusun rapi di lokasi Air Terjun “Jurug Bening” . Keindahan Air Terjun “Jurug Bening” tidak hanya di air terjun dan kolamnya saja. Di samping kiri air terjun juga terdapat tebing dengan dinding batu hitam dengan sudut kemiringan hampir 90˚ terlihat sangat kokoh berdiri menambah “nilai’ ke-elok-an Air Terjun “Jurug Bening” .
Melihat potensi yang begitu besar, sangat realistis bahwa lokasi Air Terjun “Jurug Bening” akan banyak dikunjungi warga masyarakat Blitar dan sekitarnya. Sehingga akan dapat meningkatkan derajat kesehahteraan warga masyarakat sekitar. Banyak catatan yang perlu dibenahi dalam rangka proses pengenalan, pembangunan, penambahan fasilitas maupun promosi wisata di Air Terjun “Jurug Bening”  ini. Diperlukan sinergi dari seluruh lapisan masyarakat (khususnya warga masyarakat Desa Purworejo Kecamatan Wates), Pemerintah Desa dan lembaga, Dinas/Instansi/lembaga Sekolah di kecamatan Wates dengan bimbingan dan arahan dari Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga. 

Saat ini, dalam rangka percepatan pembukaan lokasi wisata di Air Terjun “Jurug Bening”, Pemerintah Kecamatan Wates sedang berkomunikasi intensif dengan Pemerintah Desa Purworejo dan pihak-pihak yang berkepentingan, agar supaya dalam waktu dekat objek wisata ini dapat di launching sehingga masyarakat luas dapat ikut menikmati pesona keindahan Air Terjun “Jurug Bening”, air terjun dinding batu yang eksotis yang hanya ada di Purworejo, Wates.

~ Wonderful Wates ~ Pesonana Keindahan Alam di Kecamatan Wates Kabupaten Blitar


1 comment:

  1. Kalo bisa... Tuk video dipasang juga, biar punya gambaran lengkap mas.....

    ReplyDelete